RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester : X/GASAL
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 4 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENSI :
- Memperbaiki Sistem Hidrolik dan Kompresor Udara.
KOMPETENSI DASAR
:
- Mengidentifikasi Sistem Hidrolik.
- Mengidentifikasi Sistem Hidrolik.
INDIKATOR :
·
Pengidentifikasian sistem hidrolik
dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
·
Informasi yang benar diakses dari
spesifikasi pabrik dan dipahami.
·
Pemeliharaan/servis dan perbaikan
kompresor udara dilaksanakan dengan menggunakan metode dan perlengkapan yang
ditentukan berdasarkan spesifikasi yang sesuai terhadap komponen.
·
Pekerjaan pemeliharaan/servis dilaksanakan
dengan pedoman dari industri yang telah ditetapkan.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Siswa dapat memahami pengertian sistem hidrolik.
2. Siswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen sistem hidrolik.
3. Siswa dapat memahami fungsi dari sistem-sistem hidrolik.
4. Siswa dapat memahami macam-macam katup dalam unit pengatur sistem hidrolik.
1. Siswa dapat memahami pengertian sistem hidrolik.
2. Siswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen sistem hidrolik.
3. Siswa dapat memahami fungsi dari sistem-sistem hidrolik.
4. Siswa dapat memahami macam-macam katup dalam unit pengatur sistem hidrolik.
II. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Pengertian sistem hidrolik
2. Identifikasi sistem hidrolik
3. Komponen-komponen sistem hidrolik
1. Pengertian sistem hidrolik
2. Identifikasi sistem hidrolik
3. Komponen-komponen sistem hidrolik
III. METODE PEMBELAJARAN :
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
IV. TAHAPAN KEGIATAN
A. PENDAHULUAN (AWAL)
(10 Menit)
1. Guru memberi salam dan berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran
2. Siswa menyiapkan peralatan penunjang materi
3. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan di ajarkan
A. PENDAHULUAN (AWAL)
(10 Menit)
1. Guru memberi salam dan berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran
2. Siswa menyiapkan peralatan penunjang materi
3. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan di ajarkan
B. INTI
Menjelaskan
materi, meliputi:
1. Memahami apa pengertian sistem hidrolik melalui penggalian informasi pada buku
1. Memahami apa pengertian sistem hidrolik melalui penggalian informasi pada buku
modul mengidentifikasi
sistem hidrolik
2. Identifikasi sistem hidrolik dan komponen-komponennya
3. Memahami komponen-komponen sistem hidrolik
4. Memberikan ilustrasi sistem hidrolik melalui animasi
2. Identifikasi sistem hidrolik dan komponen-komponennya
3. Memahami komponen-komponen sistem hidrolik
4. Memberikan ilustrasi sistem hidrolik melalui animasi
C.
PENUTUP
(15 Menit)
(15 Menit)
1. Guru
meminta kepada para siswa untuk memahami dan mempelajari kembali
pengertian sistem hidrolik
2. Guru
meminta kepada para siswa untuk memahami dan mempelajari kembali
komponen-komponen
sistem hidrolik
3. Guru mengakhiri pelajaran dan memberi tugas kepada para siswa untuk membuat
3. Guru mengakhiri pelajaran dan memberi tugas kepada para siswa untuk membuat
laporan kerja
V.
ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR :
1. Modul mengidentifikasi sistem hidrolik
2. Internet
3. Proyektor
VI.
PENILAIAN :
1. Test tertulis Penilaian dilakukan dengan soal-soal tertulis (terdapat pada Modul)
2. Test lisan
...
0 komentar:
Posting Komentar