Sabtu, 14 Juli 2012

Fakta Unik Warna

Semua jenis kucing (termasuk macan, Cheetah dll) hanya mampu melihat dua warna, yaitu hijau dan biru.

Nyamuk lebih tertarik warna biru dibanding warna lain

Suku Aztec percaya batu Turquoise (batu pirus, warnanya hijau ke biruan) dapat melindungi mereka dari serangan fisik, maka dari itu para prajurit-prajurit aztec menggunakan batu ini untuk mendekorasi tameng-tameng mereka.

Jika kita memelihara ikan mas dalam ruangan yang gelap, warnanya akan berubah putih.

Untuk mencegah anak laki-laki mereka dirasuki roh jahat, zaman dulu kala orang-orang eropa memakaikan baju berwarna biru pada anak-anaknya, biru dipilih karena itu adalah warna langit, dan dihubung-hubungkan dengan roh-roh yg berada di surga, sedangkan anak-anak perempuannya dipakaikan baju2 berwarna pink.

Pada tahun 1889, seorang pembuat roti bernama Raffaele Esposito membuat pizza untuk Ratu Itali. Ia memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan dengan warna seperti bendera negaranya, Itali. Jadi Raffaele menambahkan tomat merah, keju putih, dan paprika hijau. Itulah ceritanya kenapa hingga sekarang pizza menyerupai bendera negara Itali.

Kulit beruang kutub sebenarnya hitam. Bulunya berwarna bening, dan tampak putih di salju.

Pada tahun 1947 Akio Morita mendirikan perusahaan Sony; memasarkan transistor yang pertama, televisi berwarna pertama, dan walkman pertama.

Coca-cola dulu berwarna hijau

Mengapa kelelawar tidak pernah berkeliaran di siang hari? Karena tidak bisa melihat. Tapi, bukankah siang hari terang benderang? Ya, itu untuk manusia. Daya penglihatan kelelawar hanya sebatas warna inframerah saja. Di luar batasan itu, semua akan tampak hitam di matanya.

Semua orang buta warna sewaktu lahir.

Hingga saat ini para peneliti masih meneliti secara pasti berapa varian warna yang mampu diterima oleh mata kita. Penelitian terakhir menyatakan bahwa mata manusia mampu menerima varian warna lebih dari 10.000.000 warna.

Coca-Cola tanpa pewarna, aslinya hijau.

Dalam perang zaman dahulu, orang yang buta warna dibutuhkan dalam tim pendeteksi kamuflase di militer.

Mata manusia yang sehat (tidak buta warna) dapat menbedakan 500 jenis warna abu-abu.

80% penduduk Amerika menyukai warna biru.

Lampu lalu lintas pertama kali ada di persimpangan London tahun 1868, berisi gas yang diselubungi kurungan warna merah dan hijau. Kemudian pada tahun 1920 ada yang lebih modern diciptakan oleh Garrett Augustus Morgan di Detroit Amerika Serikat untuk signal kereta api yang selanjutnya ia patenkan dan kita gunakan hingga kini.

Pada abad kedelapan belas, payung digunakan pada waktu hujan hampir di seluruh Eropa. Payung tidak banyak berubah dalam gayanya selama masa ini, walaupun memang menjadi lebih ringan. Baru pada abad keduapuluh payung wanita mulai dibuat dalam berbagai warna.

Kecuali manusia dan monyet, semua mamalia buta warna.

Burung hantu adalah satu-satunya burung yang bisa lihat warna biru.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut