Minggu, 15 Juli 2012

Tips Mengatasi Sakit Kepala, Pegal-pegal dsb

Keluhan yang sering dialami oleh manusia modern adalah pundak pegal, sakit kepala sebelah yang datang tiba-tiba atau mata lelah karena terlalu lama melihat monitor komputer.

Cukup dengan cara mudah menggerakkan tangan memijat beberapa jalan darah maka keluhan-keluhan tersebut akan teratasi.



Sakit Kepala

  • Sakit kepala mudah muncul ketika emosi sedang down dan saat perubahan cuaca. Selain itu, tubuh terlalu letih atau flu, juga dapat menyebabkan sakit kepala.

  • Pijat Lembah Pertemuan jari jempol dan telunjuk, dan ruas-ruas jari. Pijat selama 3 detik, lalu istirahat 3 detik. Lakukan selama 5 menit, maka sakit kepala akan berkurang.

  • Bila otak bagian belakang yang sakit, pijat titik darah Kolam Angin yang berada di atas leher belakang. Untuk gejala sakit kepala yang lain, pijat titik darah Pintu Dewa di pergelangan tangan sebelah dalam dan Titik Darah Pertemuan Seratus di atas ubun-ubun kepala untuk mengurangi rasa sakit.

Sulit tidur
  • Keluhan manusia modern yang lain adalah sulit tidur. Pijat bagian tengah telapak tangan. Pijat selama 6 detik, lalu istirahat 6 detik. Lakukan selama 10 menit.

  • Selain itu, juga dapat memijat bagian tengah urat nadi, tepatnya di Titik Darah Pergelangan Dalam yang letaknya dua jari dari telapak tangan. Dapat merilekskan suasana hati yang tegang dan gelisah.

Ingatan menurun Pijat ruas jari kelingking yang berada dekat dengan telapak tangan. Pijat 6 detik, lalu istirahat 6 detik. Lakukan selama 10 menit. Dapat juga mengurut titik darah ruas jari untuk memperlancar peredaran darah sehingga otak menjadi jernih.

Pundak dan leher pegal-pegal Sering memelototi komputer? Dari bagian leher turun ke pundak, ukur kira-kira selebar telapak tangan, itulah posisi pundak bagian atas. Pijat bagian ini maka masalah pundak dan leher yang pegal-pegal akan teratasi.


Senam satu menit di kantor
  • Setelah bekerja selama 40-50 menit, sudah seharusnya kita beridir dan menggerakkan tubuh. Senam ringan akan merilekskan otot-otot tubuh serta mengurangi gejala sakit kepala dan pegal-pegal.

  • Senam Dagu: Bermanfaat mengembalikan postur tulang leher ke posisi normal. Gerakkan dagu ke arah dalam, lakukan hingga 5-10 kali.

  • Senam Pundak: Bermanfaat merilekskan otot-otot di bagian belakang pundak. Pelan-pelan putar pundak ke arah belakang dan gerakkan kepala ke arah belakang dengan posisi mendongak ke atas.

  • Senam Kepala: Rilekskan otot-otot di sekeliling leher belakang. Putar kepala pelan-pelan ke kanan, lalu putar ke kiri, lakukan hingga 3-5 kali.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut